Hari Air Dunia 2011 Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Konservasi Air

Dengan kesadaran akan pentingnya air sebagai sumber kehidupan baik masa kini dan masa yang akan datang dibutuhkan oleh berbagai sektor, maka air merupakan urusan semua orang. Ungkapan “water is everybody business”  yang telah mendunia menjadi pedoman bagi seluruh pihak dalam pengelolaan sumber daya air (SDA).

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) SDA Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Sugiyanto yang juga merupakan Ketua Pelaksana Teknis Peringatan Hari Air Dunia (HAD) XIX Tahun 2011 dalam acara Rumah Publik yang ditayangkan TVRI di Jakarta, minggu lalu. Hadir pula sebagai narasumber, Ahmadi Partowiyoto dari Kemitraan Air Indonesia.

Peringatan HAD merupakan wahana untuk memperbarui tekad melaksanakan Agenda 21 yang dicetuskan pada tahun 1992 dalam United Nations Conference on Environment and Development (UNCED) yang diselenggarakan di Rio de Janeiro yang secara populer disebut dengan Earth Summit. Pada kesempatan tersebut sekaligus ditetapkan pula pelaksanaan Hari Air Dunia setiap tanggal 22 Maret mulai tahun 1993 di setiap anggota PBB.

“Untuk tahun ini tema yang diangkat adalah ‘Air Perkotaan dan Tantangannya’ karena saat ini hampir 60% penduduk dunia bermukim di perkotaan. Dan, selama 10 tahun terakhir, pemekaran wilayah otonomi menciptakan 31 kota-kota baru di Indonesia sehingga pengelolaan SDA dihadapkan pada tantangan dan isu kompleksitasnya semakin tinggi di masa yang akan datang,” jelas Sugiyanto.

Penyelamatan air perlu dilakukan karena kondisi perubahan iklim telah menyebabkan terjadinya musim kering yang panjang dan musim penghujan yang singkat. Selain itu, kerusakan DAS sudah mencapai 108 DAS kritis, sehingga air perlu diselamatkan dan kemitraan perlu dilakukan. Kegiatan konservasi yang melibatkan instansi terkait juga harus dilakukan secara bersama-sama dan serempak.

Sugiyanto berharap agar semua pihak dapat meningkatkan kepedulian akan kuantitas dan kualitas air serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi dan perlindungan sumber-sumber air. Menurutnya, penyelamatan air tidak hanya menjadi tugas pemerintah pusat saja, tetapi juga pemerintah daerah dan pemerintah kabupaten/kota setempat. Untuk itu, Tim Koordinasi Pengelolaan SDA bersama dengan perwakilan pemilik kepentingan bidang SDA baik di tingkat pusat maupun daerah telah menyusun rencana kerja dan tindak nyata yang sejalan dengan rencana strategis SDA.

Sesditjen SDA menambahkan, pada HAD tahun 2011 ini diadakan berbagai lomba dari tingkat SD sampai dengan perguruan tinggi bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) seperti lomba cerdas cermat, kreasi barang bekas, penelitian air, lomba foto, lomba karya tulis dan pameran HAD yang menampilkan hasil-hasil pembangunan dan pengembangan bidang SDA.

Sementara itu, Ahmadi menyatakan bahwa dengan semakin kompleksnya permasalahan air di perkotaan, adalah tugas pemerintah dan mitranya serta masyarakat agar bahu membahu mengatasi permasalahan ini. Terjadinya banjir yang selalu datang setiap tahun dan juga semakin turunnya permukaan tanah menunjukkan bahwa selain air kita berkurang, ternyata kita juga tinggal didataran yang sangat rendah. “Contohnya saja Jakarta, sangat sulit sekali kita mendapatkan akses air bersih. Ditambah lagi masalah bencana alam dan banjir yang akhirnya membuat masyarakat Jakarta harus hidup harmonis dengan banjir. Tapi, semoga saja dengan dibangunnya BKT dapat mengurangi frekuensi banjir Jakarta,” katanya. (ard/datin SDA/ifn)

About witopanjoel

sederhana, pendiam dan suka #senja

Posted on November 24, 2011, in Berita and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: