Pengelolaan Sumber Daya Air untuk Kesejahteraan Masyarakat

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya air (SDA) terbesar ke-5 di dunia. Oleh karena itu, jika dapat dikelola dengan baik, SDA akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, baik itu untuk air minum, irigasi, pengendali banjir, bahkan sumber energi listrik. Oleh karena itu, diperlukan upaya preservasi, pemanfaatan, maupun pengendalian daya rusak air yang maksimal.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pekerjaaan Umum (PU) Djoko Kirmanto dalam pembukaan acara media gathering di Malang, Jawa Timur, Jumat (13/5). Acara tersebut diselenggarakan Pusat Komunikasi Publik (Puskom) Kementerian PU dan dijadwalkan berlangsung hingga Sabtu (14/5).

Djoko mencontohkan infrastruktur SDA yaitu Sungai Brantas di Jawa Timur yang mampu menyediakan kapasitas listrik terpasang hingga 275 mega watt. Brantas juga mampu menyediakan jutaan kubik air untuk masyarakat maupun industri. “Sebagai gambaran pula, jika Waduk Jatigede nanti dioperasikan, maka akan mampu menghasilkan listrik hingga 100 mega watt,” tambahnya.

Berkat Sungai Brantas, Jawa Timur mampu memperoleh surplus beras hingga di atas 3 juta ton per tahun. “Menurut saya, Jawa Timur juga merupakan salah satu provinsi dengan pengelolaan irigasi terbaik di Indonesia,” kata Djoko.

Menteri PU juga mengatakan bahwa perumbuhan ekonomi Indonesia yang saat ini berada pada kisaran 6,5 persen masih bisa ditingkatkan lagi, asalkan terdapat fokus untuk mempercepat pertumbuhan. “Oleh karena itu, saat ini pemerintah telah menyusun Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi (MP3E). Saat ini juga telah ditetapkan 6 koridor ekonomi sebagai motor pusat pertumbuhan. Tugas PU adalah menunjang pertumbuhan di bawah koridor tersebut,” katanya.

Jalan Tol dan Air Minum

Dalam kesempatan tersebut, Menteri PU juga menyampaikan progres beberapa ruas tol di Jawa Timur. Untuk ruas tol Surabaya-Mojokerto, saat ini sedang dalam tahap pelaksanaan. Ruas Mojokerto-Kertosono sedang tahap under construction, ruas Kertosono-Ngawi akan segera penandatanganan dengan investor, sementara  ruas Kertosono-Mojokerto sudah dilaksanakan pembangunannya. Untuk ruas Mojokerto-Surabaya, saat ini sedang under construction dan akan segera selesai. Ruas Gempol-Pasuruan tahun depan akan dilakukan groundbreaking, Gempol-Pandakan pembebasan tanahnya akan segera selesai, dan di ruas Pandakan-Malang juga akan segera ada jalan tol.

Di bidang air minum, saat ini pemerintah sedang melakukan pra kualifikasi proyek pengolahan air di Pasuruan-Surabaya. “Air dibawa dari Pasuruan ke Surabaya. Setelah diolah, air kemudian didistribusikan untuk Kota Pasuruan, Surabaya, Gresik, maupun daerah lainnya. Proyek ini merupakan proyek yang cukup besar,” jelas Djoko.

Sementara itu, Kepala Puskom Kementerian PU dalam laporannya mengatakan bahwa media gathering ini diselenggarakan dalam rangka mengakrabkan media dengan Kementerian PU serta membangun kesamaan persepsi dan pemahaman terhadap masalah-masalah ke-PU-an. Media gathering ini diikuti 80 peserta yang berasal dari berbagai media cetak maupun elektronik. (ifn)

About witopanjoel

sederhana, pendiam dan suka #senja

Posted on November 24, 2011, in Berita and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: